Memilih Terapi Wasir yang Tepat

Cukup banyak teknik pengobatan wasir baik tradisional maupun medis yang tersedia. Namun apabila penanganan tidak tepat sasaran akan dapat menyebabkan:

– tidak sembuh

– kambuh

– komplikasi penanganan wasir

– habis waktu dan biaya

Bila anda sudah pernah mengalami gejala wasir seperti benjolan nyeri di anus, BAB berdarah, maka pertama kali yang perlu dilakukan adalah konsultasi kedokter terdekat dan memodifikasi pola hidup anda dengan menjaga pola makan, menghindari aktivitas yang terlalu berat, atau duduk terlalu lama

Penggunaan obat herbal, obat minum, salep maupun suppositoria (obat peluru lewat anus) hanya efektif untuk mengurangi gejala/keluhan saja sementara waktu.

Wasir Stadium 1-2

Pilihan terapi pada wasir stadium 1-2:

Modifikasi pola hidup dengan menjaga makanan dan membatasi aktivitas jangan terlalu berat

Penggunaanan obat, efektif bila diterapkan pada pasien yang mempunyai wasir stadium 1-2 yang kecil yang sedang meradang.

Ligasi / Pengikatan Wasir, efektif untuk wasir internal soliter kecil

Skleroterapi / Injeksi, dapat dilakukan untuk wasir internal kecil dan multipel.

HCPT. Koagulasi dengan HCPT dapat dilakukan pada wasir stadium 1 yang sering berdarah atau pada wasir stadium 2 besar soliter

Bipolar Tech Hemoroidektomi , dilakukan pada wasir internal stadium 2 multipel yang sudah mulai membesar atau sering berdarah

Wasir Stadium 3-4

Untuk menghilangkan secara TUNTAS wasir stadium 3 dan 4 membutuhkan prosedur pembedahan. Hal ini karena ukuran wasir stadium 3 biasanya sudah besar dan multipel

Bukan berati tidak boleh menggunakan obat atau tindakan lain, tapi obat atau tindakan lain hanya berfungsi untuk meringankan nyeri, meredakan bengkak, atau mengurangi ukuran benjolan untuk sementara waktu, bukan menghilangkan wasir.

Ligasi / Pengikatan Wasir, efektif untuk wasir internal soliter kecil