Kondiloma Ani/Perianal

Kondiloma Ani adalah kutil yang tumbuh di anus dan penyakit menular seksual (PMS). Penyakit ini ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual langsung, anal sex, atau oral dengan pasangan yang terinfeksi. Nama lain dari penyakit ini adalah Kondiloma Perianal / Kondiloma Akuminata Anus / Anal Condyloma/ Anogenital Wart (Kutil Anus).

Kondiloma Akuminata disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) tipe 6 atau tipe 11. Setelah terpapar HPV, gejala  bisa timbul dalam 1-8 bulan kemudian.

Beberapa faktor risiko kondiloma akuminata meliputi:

Terapi Kondiloma Ani

Penting untuk dicatat bahwa obat-obatan yang tersedia untuk pengobatan ‘kutil’ bebas hanya ditujukan untuk kutil kecil area non-genital saja. Dokter mungkin mencoba salah satu resep obat topikal berdasarkan gejala klinis Anda. Obat-obat berbentuk salep harus dioleskan langsung di atas kutil. Obat topikal/obat oles ini  meliputi:

1. Imiquimod: Ini bertindak dengan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan kutil. Disarankan untuk menghindari kontak seksual saat menggunakan obat ini, karena bisa mengurangi efek kondom dan bisa mengganggu kulit pasangan.
  2. Podophyllin: Ini bekerja dengan menghancurkan jaringan kutil. Namun, obat ini tidak bisa digunakan selama kehamilan.
  3. Asam trikloroasetat: Ini bekerja dengan menghancurkan jaringan kutil dan dioleskan oleh dokter.

Pembedahan mungkin diperlukan jika kutilnya besar, tidak respons dengan pengobatan, atau jika individu tersebut sedang hamil. Perlu diingat, operasi bisa menyebabkan pembengkakan, nyeri, kemerahan, atau bahkan bekas luka.

Satu hal yang perlu diingat, metode pembedahan ini hanya bertujuan untuk menghilangkan kutil, bukan untuk mengobati penyebab kutil sehingga ada kemungkinan kutil akan kambuh kembali. Cara operasi yang tersedia meliputi:

1. Cryotherapy: Nitrogen cair digunakan untuk membekukan jaringan kutil dan membentuk melepuh pada kulit.
  2. Bedah eksisi: Kutil dapat dilepas dengan menggunakan alat bedah sederhana sebagai prosedur rawat jalan di puskesmas.
  3. Elektrokauter: Penangaan dengan cara membakar jaringan kutil menggunakan arus listrik.
  4. Pengobatan laser CO2 untuk menghancurkan kutil.
  5. Bipolar Cutter, Teknik terbaik karena menggunakan gunting bipolar untuk memotong sekaligus mengerikan kondiloma tanpa perdarahan berarti.