Apa itu Perianal Abses dan Fistula Perianal / Fistula Ani

Kasus : 

1. Dok… 3 hari ini ada benjolan di sisi anus saya kulitnya merah kalau bergerak atau tertekan sakit luar biasa, dan saya demam tinggi dok..padahal selama ini saya ngga punya gejala wasir lho dok seperti benjolan keluar saat BAB

2.Dok… di sisi anus saya pernah ada bisul, pecah, tapi sudah beberapa bulan kok ngga kering- kering ya?

3. Dokter… di sekitar anus saya ada benjolan kecil, suka berlendir sehingga celana saya basah dan kadang2 timbul nyeri.. wasir ya dok?

Perianal Abses

Adalah bisul yang terjadi di sekitar lubang anus

Fistula Perianal/ Fistula Ani

Fistula perianal/fistula ani adalah saluran yang menghubungkan lubang dalam anus ke kulit di sekitar anus.  

Lubang fistula bisa satu (simple) atau lebih (kompleks) pada permukaan kulit sekitar anus, dan dari lubang fistula tersebut dapat keluar nanah ataupun kotoran saat buang air besar.

Penyebab Perianal Abses dan Fistula Perianal

Penyebab utamanya adalah infeksi dari kelenjar anus. Kelenjar ini terdapat di dalam ruang antar otot anus. Bila saluran keluar kelenjar anus ini tertutup maka lendir yang diproduksi tertahan, menjadi bisul yang membesar dan menekan ke segala arah membentuk perianal abses. Perianal Abses akan membesar dan mencari jalan keluar yang akhirnya pecah bermuara ke kulit di sekitar anus membentuk fistula perianal/fistula ani.

Penyebab saluran kelenjar anus tertutup:

Keluhan

Pasien biasanya mengeluhkan beberapa gejala yaitu :

Pada pemeriksaan fisik pada daerah anus, dapat ditemukan satu atau lebih external opening atau teraba fistula di bawah permukaan kulit. Pada colok dubur terkadang dapat diraba dinding saluran fistula dan internal opening.

Terapi

Sebagian besar fistula ani memerlukan operasi karena fistula ani jarang sembuh spontan. Setelah operasi risiko kekambuhan fistula termasuk cukup tinggi yaitu sekitar 21-60 % (satu dari lima pasien dengan fistula post operasi akan mengalami kekambuhan).

Untuk menghindari kekambuhan perlu dilakukan fistulotomi. Fistula dibuka dengan cara disayat dari saluran luar ke dalam sehingga timbul luka terbuka, dinding fistula yang fibrotik dieksisi/dibuang dan proses penyembuhan dibiarkan terbuka. Dari luka kemudian akan tumbuh kulit baru.

Bila jaringan otot anus banyak yang terkena saluran fistula maka biasanya dilakuan prosedur tambahan mengikat otot anus menggunakan benang Seton. Seton akan dibiarkan 4-6 minggu untuk memotong perlahan otot anus agar luka makin dangkal sehingga kedepannya tidak terjadi inkontinensia (tidak bisa menahan BAB).

Ada teknik2 lain yang dapat digunakan untuk terapi fistula seperti pengikatan, Advancement Flap, Fibrin Glue, namun hasil akhirnya kurang memuaskan karena kekambuhannya tinggi.

Dengan teknik Gunting Bipolar maka  proses pemotongan fistula/fistulotomi akan minim perdarahan, jaringan luka kering melindungi luka sehingga proses penyembuhan lebih cepat dan minim komplikasi.

BBB…Bukan Bisul Biasa…

  

© 2020 Klinik Wasir Bintaro

Back to top
WhatsApp chat